Wednesday, August 7, 2013

Mengungkap Makna dari Kurikulum 2013 Untuk pelajar, Sma/Ma.


          Bismillaahirrahmaanirrahim.... Gmna kondisi nya kawan? Semoga anda baik2 saja.. ngomong2 bagi anda yang skolah di SMA udah merasakan nikmatnya Kurikulum 2013 gkk..? ada yg bilang enak dan egk.. hhemm ambigu yaa.. but untuk pelajar MA.. yang sabar yaa karena Kurikulum 2013 itu masih belum di revisi bersama dengan KEMENAG.kan kita dibawah naungan Kementrian Agama. Insyaallah tahn depan kita sudah memakai kurikulum 2013./ Amin..
          Sebelum x bagi para pelajar khusus nya MA.. kita harus benar2 tahu bagaimana Kurikulum 2013.. mungkin kita (anak MA) memiliki keuuntugan memulai star belakangan,, tahun ini mungkin untuk percobaan memakai kurikulum 2013,, jadi pada saat tahun 2014.. Kita g kaget lagi.. tahu kn maksudnya..? ..^_^..
Ok berikut saya akan menunjukkan hal2 yang harus diketahui dari Kurikulum 2013
:
Ø  Nilai Rapor Lebih Informatif Dan Deskriptif.

Dalam Kurikulum 2013, nilai rapor siswa nantinya lebih informatif dan deskriptif, serta memuat informasi penilaian pada aspek pengetahuan, ketrampilan, serta sikap siswa. “Rapornya itu akan berubah total, yang pertama perubahannya rapor itu berisi sikap, ketrampilan, dan pengetahuan, yang selama ini kan yang dominannya pengetahuan,” kata Kepala Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (Badan PSDMPK dan PMP) .. Jadi .. di Kurikulum 2013 lebih cenderung pada Nilai2 Sikap / Kelakuan.. bagus kan?..

Ø  Jam Belajar yang ditambah sebesar 4-6 Jam.

Dengan adanya tambahan jam belajar ini dan pengurangan jumlah Kompetensi Dasar, guru memiliki keleluasaan waktu untuk mengembangkan proses pembelajaran yang berorientasi siswa aktif belajar. Jadi Proses pembelajaran siswa aktif.

Ø  Memiliki Kompetensi Inti yang Luar Biasa.

Berikut slah 1 Kompetensi Inti nya:
Untuk Klas 10: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

Untuk Klas 11: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

Untuk Klas 12: Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah


            Alhamdulillaahirabbil’alamin.. Kesimpulan .. artikel diatas merupakan beberapa gambaran Umum dari Kurikulum 2013,,. Ada benarnya jika salah seoarang teman saya mengatakan Guru nya bisa pulang lebih cepat.. karena siswa lh yang harus mencari tahu ilmu sendri grunya bertugas untuk menerima Pertanyaan dari siswa.. yaa bisa dibilang Spt Kuliah..
Luar Biasa.. Saya akan memberikan Proposal Kurikulum 2013 nya..




0 comments:

Post a Comment